mengulas permasalahan kesehatan yang sedang hangat dibicarakan, bertepatan pula pada musim penghujan bulan februari ini, dihebohkan DBD dan malaria, ada kasus baru tapi butuh perhatian serta penanganan khusus.

ngomong ngomong nyamuk aedes aegypti sudah mengembangkan virus baru , yang ciri ciri penderitanya mirip seperti demam berdarah (virus denque) bagi orang awam siih dikiranya demam berdarah,  katanya temuan virus terbaru ini bisa dibilang cukup  eksis dalam zona membahayakan dan mematikan, negara negara selain indonesia sudah banyak jatuh korban yakni virus zika, laaa kok namanya zika? kirain itu nama orang kek😀. ini virus juga salah satu virus dari jenis Flavivirus. Virus ini memiliki kesamaan dengan virus dengue, berasal dari kelompok arbovirus. hlo kan ujung ujungnya sama, tetep sama. lanjut saja

memang namanya indah seperti nama orang atau apalah,  dalam laman WHO virus Zika sendiri sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1947 di Uganda. Temuan virus ini dideteksi dari badan hewan endemik Uganda yaitu kera. Kemudian virus ini ternyata bisa menular pada tubuh manusia dan serangan dari virus ini pun semakin meluas mulai dari negara-negara di Afrika, kawasan negara kepulauan Mikronesia, kepulauan Karibia, Amerika selatan, hingga di Jambi, Indonesia yang sampai di tahun 2015. Di Negara Brazil mengalami wabah yang meluas, dengan kurang lebih 1,3 juta kasus yang juga meningkat tajam pada bayi yang terlahir dengan microcephaly, yang dapat menyebabkan cacat mental seumur hidup, kejang dan komplikasi lainnya. Era Indonesia berawal dari jambi, wilayah indonesia waspada persebarannya loh😀 bisa nyebar dan beranak pinak lebih wihwih bisa nyebar ke wilayah indonesia lain dong, harap hati hati yaa semua🙂 Oh ya ngomongin Genusnya Virus zika, itu masih satu genus yaitu aedes aegypti menyebarkan virus penyebab penyakit demam berdarah, penyakit kuning, dan penyakit cikungunya (sudah saya sindir pembukaan penjelasan diatas :p)

gejala yang ditimbulkan hampir mirip seperti penyakit demam berdarah yaitu :

  1. demam tidak terlalu tinggi (maksimal hanya pada suhu 38 derajat celcius).
  2. tulang dan persendian yang ngilu.
  3. lemas dan lesu.
  4. mata merah (Konjungtivitis).
  5. pusing.
  6. muncul ruam. ruam itu berbentuk makulapapular atau ruam yang melebar dengan benjolan tipis yang menimbul. Kadang ruam meluas dan membentuk semacam ruam merah tua dan kecoklatan mendatar dan menonjol dikulit.

akibat yang ditimbulkan dari virus zika tersebut menyebabkan kelainan pada bayi, kelainannya apa? berupa ukuran kepala bayi yang lebih kecil atau disebut Microcephaly . bisa menyebabkan janin cacat DNA nya.

Kehebatan virus ini menyerang ibu hamil

Infeksi virus Zika pada ibu hamil kini menjadi perhatian khusus oleh seluruh pihak baik kementerian kesehatan, dinas kesehatan kota/kab, pelayanan kesehatan, dll. Hal ini disebabkan karena ditemukannya peningkatkan kasus kelainan bawaan berupa mikrosefali pada bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi virus zika saat hamil. saya jabarkan perjalanan virus zika ini :virus menginfeksi ibunya yang sedang hamil, lalu virus itu menyebar ke seluruh tubuh serta merta menginfeksi janin tersebut, akibatnya virus tersebut menganggu perkembangan embrio.

Mikrosefali adalah kelainan bawaan di mana bayi lahir dengan ukuran kepala yang lebih kecil. Hal ini disebabkan oleh kelainan perkembangan otak sejak dalam kandungan. Sebelum virus zika, penyebab mikrosefali pada umumnya adalah down syndrome, paparan obat, alkohol, dan infeksi rubella (campak jerman) selama kehamilan 9bulan.

bagaimana cara Penularan Virus zika, apakah sama dengan denque,iya sama

virus ini masih satu keluarga dengan aedes aegypti, jadi time day nyamuk aedes itu aktif siang hari, suka pada tempat penampungan air yang bersih, gantungan baju dll , melalui gigitannya  perilaku hidup alias cara gigitnya bisa di dalam maupun luar ruangan jadi yah harus waspada juga bila diluar rumah khusus ibu hamil pada janinnya, dan semuanya.

Virus ini masuk wilayah tropis mana ? Yah sesuai dengan tempat tinggal nyamuk Aedes, dapat dalam jenis Aedes aegypti untuk daerah tropis, Aedes africanus di Afrika, dan juga Aedes albopictus pada beberapa daerah lain. zika dapat hidup dan berkembang di wilayah tropis kemungkinan dapat berkembang di Indonesia!!!

Tidak luput dari penjelasan , selain gejala yang saya tuliskan diatas masih terdapat gejala lainnya yaitu terjadi gangguan saraf dan komplikasi autoimun. Gejala penyakit ini menyebabkan kesakitan tingkat sedang dan berlangsung selama 2-7 hari.

Virus Zika, picture from pict google.

Penyakit ini kerap kali sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan pengobatan medis. Pada kondisi tubuh yang baik penyakit ini dapat pulih dalam tempo 7-12 hari. wiih sereeeeem juga yah ternyata, seperti bang toyib hehehe . wajar juga dunia pengobatan masih membuat vaksin untuk meminimalisir virus zika itu.

Virus Zika juga menyebabkan komplikasi penyakit tapi itu masih tahap penelitian, namun ada beberapa kasus suspek Zika itu mengalami sindrom Guillane Bare. semoga dunia kedokteran cepat menemukan solusinya hehhe😀

Apa yang harus dilakukan jika terinfeksi virus Zika?
Jika terinfeksi virus Zika, maka lakukan hal-hal sebagai berikut ketika telah tertular dan terinfeksi virus zika antara lain adalah sebagai berikut :

  • Istirahat cukup.
  • Konsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi.
  • Minum obat-obatan yang dapat mengurangi demam atau nyeri.
  • Jangan mengkonsumsi aspirin atau obat-obatan NSAID (non stereoid anti inflmation) lainnya.
  • Cari pengobatan ke pelayanan kesehatan terdekat (pustu, puskesmas, klinik, perawat dusun, dll ).
  •  menggunakan kemeja lengan panjang dan celana panjang.
  •  pemberantas serangga dengan bahan aktif seperti DEET, picaridin dan IR3535 (yang dikatakan oleh CDC aman untuk ibu hamil dan menyusui dan anak-anak berusia 2 bulan).
  • menggunakan kelabu saat tidur.
  • menguras bak air penampungan.

langkah pemeriksaan Pada minggu pertama demam, virus Zika dapat dideteksi dari serum dengan pemeriksaan RT-PCR.

Ohya pesenku lakukan fogging setiap berapa minggu sekali dikampung halaman masing-masing, serta lakukan 4 hal yang dapat meminimalisir penyakit zika tersebut

  1. tutup tempayan berisi air , pokok tempat penampungan air ditutup.
  2. bak sampah yang ditutup rapat .
  3. menguras bak mandi serta penampungan air setiap 3 kali/minggu karena aedes aegypti suka air bersih jadi semakin banyak nguras bak maka kecil kemungkinan terkena penyakit yang tidak diinginkan.
  4. mengubur barang barang bekas yang tidak terpakai.

sudah cukup penjelasan yang saya jelaskan, semakin melengkapi,mewarnai informasi tentang zika. salam damai ^_^