pada post sebelumnya dijelaskan secara umum apa sih itu Sistem informasi Geografis, Laah ternyata tidak hanya di Kesehatan Lingkungan, Di Teknik Lingkungan juga diberi bekal pemetaan. di berbagai sektor pokoknya memerlukan yang namanya SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS.. sebenarnya ini saya baru bisa siih mengoperasikan aplikasi SIG yaah diantaranya EPIINFO, kali ini ingin merilis postingan tentang software tersebut.

Ohya Sebelum masuk ke dunia berbagi cara pengoperasian, coba saya pengen tau apa sih sebenarnya apa itu EPIINFO???🙂

epiinfo

Tampilan Epiinfo di Laptop

Dalam Software Epi Info dibagi dalam lima bagian, yakni ada  Make View, ada Enter Data, ada Analyze Data,ada Epi Map, dan ada Epi Report. Tulisan ini hanya memuat secara garis besar tiga bagian Epi Info yang dapat digunakan dalam pengelolaan database, yakni modul Make View, modul Enter Data dan modul Analyze Data.

untuk pengertian Epiinfo sendiri :

Epi Info merupakan software public domain yang dikembangkan oleh Centers for Disease Control and Prevention. Centers for Disease Control and Prevention adalah salah satu bagian dari Departemen Kesehatan Amerika Serikat, yang bertugas untuk mencegah dan mengendalikan penyakit infeksi dan kronik, ancaman cedera, bahaya di tempat kerja,

ketidakmampuan, surveilans termasuk dibidang kesehatan lingkungan. Epi Info terutama ditujukan kepada ahli epidemiologi, secara khusus, maupun ahli kesehatan masyarakat, secara umum, untuk membantu penanganan tugas terkait dengan pengelolaan database dan analisa data, baik data atribut maupun spasial.

fungs  yang terdapat dalam paket Epi Info adalah sebagai berikut.

  1. Modul Make View digunakan untuk mendesain kuisioner. Suatu proyek biasanya dimulai dengan menggunakan Modul Make View, yakni untuk menyusun form atau kuisioner survei, sekaligus secara otomatis membuat basis data.
  2. Modul Enter Data digunakan untuk memasukkan informasi yang diperoleh dari hasil survei ke dalam basis data. Data yang dimasukkan melalui form atau kuisioner ini akan dimasukkan ke dalam Modul Analysis untuk studi selanjutnya.
  3. Modul Analysis merupakan program untuk melakukan analisis statistik dan laporan, serta membuat grafik, dari data yang telah dimasukkan melalui Modul Enter Data. dalam praktikum yang sudah saya lakukan hanya tiga bagian saja maka saya menjelaskan pengertian dan fungsi tiga bagian epiinfo tersebut.

Ohya sekian penjelasan luar mungkin sedikit saja, langsung saja saya kasih tau by step by step pengerjaannya..

#disini saya ingin berbagi apabila ada salah jangan ditiru tapi ambil kebaikannya lah😀

jangan lupa diedit ^_^ Link word file nya Epiinfo

salam sukses semua . #dokumentugasLaporan Praktik Sistem Informasi Geografis COVER