sebelumnya karena ngambil Jurusan Kesehatan Lingkungan maka judul diatas saya tambahi lingkup Kesehatan Lingkungan🙂 Sistem Informasi Geografis singkatannya SIG, SIG secara umum berguna sekali dalam berbagai sektor, di sektor kesehatan : instansi kesehatan memerlukan SIG semisal Dinas Kesehatan kota, di kemenkes sendiri juga memerlukan yang Namanya SIG untuk memetakan vektor dalam rangka pengendalian vektor dan binatang penggangu, karantina penyakit, surveilans epidemiologi, memetakan pelayanan kesehatan di berbagai wilayah indonesia, dan lain sebagainya di bidang kesehatan. tak hanya dibidang kesehatan, di bidang pertahanan negara juga memerlukan ini. apalagi sekarang kementerian desa meluncurkan peta desa, Yah sama dengan SIG intinya model informasi yang berhubungan dengan data spasial (keruangan) mengenai daerah-daerah di permukaan Bumi adalah Sistem Informasi Geografi (SIG). juga berlaku di bidang keamanan maupun narkotika nasional pokoknya segala bidang deh

Disemester 3 Program Studi Kesehatan Lingkungan Surabaya, Alhamdulillah baru mengenal namanya SIG 2 SKS  masih kurang dikarenakan praktek dan teori SIG itu sangat dalam dan luas, semakin dipelajari rasanya pengen blusukan sampai dalam dalamnya😀

awal singkat cerita, matakuliah ini rasanya aneh, bener matakuliah yang super ribet dikarenakan dosen kita asli lulusan situ, belum paham bener dengan GIS/SIG, hanya satu dosen yang faham itu pun jauh dari Prodi Kesehatan Lingkungan Magetan Poltekkes kemenkes Surabaya, ohya aplikasi GIS ini Sangat beragam Bro, tapi kita dibekali beberapa aplikasi saja Archview3.3, epiinfo, crimstat, geoda, Andlocation (ini dengan bantuan GPS Smartphone lalu dikonvert ke archview3.3. oke  langsung saja masuk dalam bab pembahasan selanjutnya.

– Pengertian SIG adalah suatu sistem yang menekankan pada informasi mengenai daerah-daerah berserta keterangan (atribut) yang terdapat pada daerah-daerah di permukaan Bumi. Sistem Infomasi Geografis merupakan bagian dari ilmu Geografi Teknik (Technical Geography) berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data-data keruangan (spasial) untuk kebutuhan atau kepentingan tertentu.

SIG atau Geography Information System (GIS) memiliki pengertian yang selalu berubah sesuai dengan perkembagannya. menurut beberapa ahli berikut ini pengertian GIS:
  • SIG adalah suatu sistem yang dapat melakukan pengumpulan, penyimpanan, pemanggilan kembali, pengubahan (transformasi), dan penayangan (visualisasi) dari data-data spasial (keruangan) untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu.
  • SIG adalah suatu sistem berbasi komputer yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi informasi-informasi geografis.
  • SIG adalah sistem komputer untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras dan lunak yang berfungsi untuk akuisisi (perolehan), verifikasi, kompilasi, updating, manajemen, manipulasi, presentasi, dan analisis.
  • SIG adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis informasi geografis

Sudah sekian pembahasan singkat, di postingan pertama ini tentang GIS

ini Juga melampirkan contoh Gis Ade fix edisi 2  link ini jangan lupa diedit apabila ingin digunakan.

#File itu merupakan dokumentasi tugas tentang berbagai langkah langkah diantaranya memotong peta, menampilkan peta kota surabaya, menampilkan pemetaan penyakit DBD selama 12 bulan tahun 2011

Laporan Praktik Sistem Informasi Geografis COVER

cover tugasku