Sony akhirnya merilis smartphone android terbaru mereka dengan nama Xperia Z dan Xperia ZL. Kehadiran kedua smartphone tersebut menambah optimisme Sony untuk bisa melawan dominasi Samsung di tahun 2013 ini.

Seperti yang diperkirakan semula, Xperia Z dan Xperia ZL punya layar seluas 5 inch. Xperia Z dan Xperia ZL bakal head to head dengan smartphone android 5 inch lainnya seperti HTC ButterflyZTE Nubia, dan Galaxy Grand dari Samsung.

Prosesor yang digunakan oleh Xperia Z dan Xperia ZL yaitu Qualcomm Snapdragon MSM8064 quad core dengan GPU Adreno 320. Dan untuk RAM, keduanya memakai RAM sebesar 2 GB.

Xperia Z

Di sektor kamera, Xperia Z dan Xperia ZL bakal punya kamera 13 mega piksel dengan fitur HDR, video stabilizer, dan mampu merekam video berukuran 1080p. Untuk kamera depannya punya resolusi maksimal 2 mega piksel.

Untuk memori internal, Xperia Z dan Xperia ZL mempunyai kesamaan yaitu punya memori 16 GB. Sedangkan slot microSD yang ada bisa support sampai dengan 32 GB untuk Xperia Z dan 64 GB untuk Xperia ZL.

Xperia ZL

Perbedaan antara Xperia Z dan Xperia ZL ialah soal kemampuan tahan air. Dan hanya Xperia Z yang didesain seperti itu, sedangkan Xperia ZL lebih berat dan lebih tebal, namun tidak punya kemampuan tahan air seperti yang ada pada Xperia Z.

Perbedaan lainnya ialah Xperia ZL punya letak kamera depan yg tidak lazim seperti yang ada pada smartphone pada umumnya. Xperia ZL menempatkan kamera depannya pada pojok kanan bawah body, bukan pada bagian atas seperti yang ada pada Xperia Z.