Kali ini dapat link dari Isuzu Jepang.
www.isuzu.co.jp/museum/suv/bighorn_1.html
1981
Penjualan Isuzu seri UBS dimulai pada 21 September 1981, edisi pertama diberi nama “Rodeo Bighorn”. Konsep yang diusung adalah kendaraan multiguna berpenggerak 4×4 untuk kalangan penggemar kegiatan alam bebas. Ini adalah terjemahan Isuzu terhadap konsep RV (Recreational Vehicle), kalau sekarang sebutannya SUV (Sport Utility Vehicle).Disini Isuzu mengerahkan pengalamannya selama 81 tahun di bidang otomotif (terutama truk komersial dan sedan niaga) sehingga tercipta kendaraan dengan ketangguhan sebuah 4×4 di medan off-road dan kenyamanan sedan dikondisi on-road. Sebuah kondisi yang langka dan menjadi impian pengguna kendaraan 4×4 pada masa itu, karena biasanya kendaraan 4×4 mengesampingkan kenyamanan berkendara on-road.
Pada waktu itu…Ada 3 type yang ditawarkan : Short Van, Long Van dan Short Soft Top. Semuanya dalam 2 trim level, LD dan LT. Mesin yang digunakan pertama kali adalah The Legendary C223 Diesel 2238cc yang masih non turbo, menyusul kemudian versi bensin G200 2000cc.

Sekilas masih terasa aura kendaraan militer dengan tongkrongannya yang tinggi, walau begitu masih cukup nyaman dipakai di perkotaan karena jangkauan pandang yang luas. Karakter berkendara layaknya mobil “biasa” diakomodir dengan bobot kendaraan yang relatif ringan (untuk dimensi sebesar itu), penggunaan Independent Front Suspension dengan power steering. Isuzu pun berani bilang bahwa sejarah baru kendaraan RV (Recreational Vehicle) dimulai dari “Rodeo Bighorn”.

1982Pada April ’82, sebagai ajang pembuktian kekuatan Isuzu UBS series, dilakukan uji-coba dengan jarak 10.000km di benua Australia dengan tajuk “BigHorn-Jackaroo 10.000km Big Run in Australia”Unit yang dipakai adalah 1 LWB dan 1 SWB dengan mesin C223 diesel.Ajang ini sekaligus menjadi perkenalan terhadap publik Australia terhadap produk SUV baru dari General Motor Group, Holden Jackaroo. Dan di tahun ini menjadi tahun pertama penjualan UBS series ke pasar Internasional.

Beberapa hasil yang diperoleh dari uji coba ini menjadi bahan pengembangan terhadap Isuzu Bighorn/Jackaroo/Trooper kedepannya, diantaranya :
Penggunaan dual tank untuk versi Australia
Penambahan pelat-pelat pelindung pada area drivetrain
dan beberapa detail lainnya.

1986Pada tahun ini , bertahap sejak 13 Januari, perubahan dilakukan lebih kepada sisi suspensi, secara fisik hanya pada perubahan lampu bulat menjadi lampu kotak.
Perubahan suspensi dilakukan secara substansial meliputi penggunaan double A-Arm (double wishbone) Independent Front Suspension dan penggunaan gardan belakang sumbu lebar. Hal ini mengakibatkan peningkatan stabilitas, kenyamanan dan keamanan berkendara.Pada trim level kelas LS bahkan dilengkapi dengan sistem peredam kejut yang dapat diatur dengan 2 tambahan pilihan tingkat kekerasan menyesuaikan medan yang dilalui.
Mesin masih menggunakan diesel C223, C223T dan bensin 4ZD1.Untuk pasar Amerika Utara tidak terjadi perubahan spesifikasi, tetapi pada tahun ini versi 5 pintu diperkenalkan sehingga terdapat 2 varian LWB, 3 pintu dan 5 pintu dengan mesin C223, C223T atau 4ZD1.

Pada akhir tahun ini kemungkinan mulai dipasarkan varian bermesin 4ZE1 (2600cc) bensin menggantikan 4ZD1 baik untuk pasar amerika maupun eropa.

To be continued…

1
1987Berbekal mesin diesel baru, 4JB1-T direct injection 2.8L dengan tenaga puncak 110Hp diluncurkanlah spesifikasi “Irmscher Special Edition”. Edisi ini menggunakan setting suspensi dari perusahaan Irmscher Jerman. Dengan adanya edisi ini, maka bertambah satu varian lagi yaitu “Export Specification” ke jajaran trim level Bighorn generasi I. Penjualan edisi ini dimulai secara bertahap pada 3 Oktober.Secara sekilas, perubahannya adalah sebagai berikut :
– Sistem suspensi “Irmscher Specification” dengan peredam kejut type gas yang dapat mempertahankan kemampuannya dalam jangka panjang. Penyetelan dilakukan secara keseluruhan, baik dari spesifikasi per maupun sistem peredam kejut yang memiliki dimensi diameter dan panjang yang lebih besar sehingga dapat meningkatkan kemampuan di medan off-road dan juga kestabilan di medan jalan raya.
– Ban merk Michelin dari Perancis yang memiliki kemampuan hebat dan mampu menciptakan kemudahan pengendalian dan kenyamanan di medan off-road maupun jalan raya.
– Kursi type sport merk Recaro yang ergonomis,
– Penambahan arm-rest captain seat pada kursi pengemudi dan penumpang depan untuk versi non Irmscher.
– Setir dengan lapisan semi kulit palang 4 dari Momo – Italia untuk kenyamanan pengendalian pada berbagai keadaan.
– Emblem ” Export specification ” pada salah satu sisi grill, bumper depan dengan disain khusus, jendela dengan lapisan anti silau dll.
– Spesifikasi Isuzu Trooper pasar Amerika menggunakan velg alloy dengan disain khusus.Berbagai penambahan spesifikasi tersebut mampu menciptakan dan meningkatkan standar baru bagi Bighorn/Trooper sebagai kendaraan kelas atas.

To be continued..