Tabel logaritma merupakan tabel nilai logaritma dari bilangan tertentu. Tabel logaritma ini dapat digunakan sebagai pendukung dalam penyelesaian persamaan matematis yang berkaitan dengan persamaan logaritma. Sebenarnya nilai logaritma sebuah bilangan dapat dihitung secara manual atau menggunakan kalkulator. Namun terkadang untuk melakukan cross-check terhadap penyelesaian   soal-soal logaritma.

Tabel logaritma ini saya buat sekaligus sebagai jawaban buat teman yang pernah menanyakan tentang cara membuat tabel logaritma. Dalam postingan ini hanya membahas versi pdf saja, untuk versi excel yang berisi rumus dan langkah-langkah pembuatannya akan dibahas di blog http://www.komputerseo.com (blog tersebut khusus membahas tentang excel 2007).

Tabel logaritma pdf version ini terdiri dari beberapa bagian:

1. Tabel logaritma 1 sampai 10
2.  Tabel logaritma 10 sampai 100
3.  Tabel logaritma 1 sampai 80.000

Perlu diketahui bahwa tabel logaritma ini merupakan nilai pembulatan hingga 4 angka di belakang koma. Untuk memodifikasi menjadi 2 hingga 8 atau 16 angka di  belakang koma, bisa dengan memodifikasi file excel yang akan dibahas kemudian.

Cara membaca tabel logaritma bisa dilihat panduannya di bawah ini
Misalkan dicari nilai logaritma dari 1.34 yang secara umum ditullis : “log 1.34
Angka 1.3 dibaca pada kolom pertama, dan angka 4 dibaca pada baris pertama, hasil perpotongan baris dan kolom adalah nilai logaritma yang dicari,
Sehingga nilai dari  log 1.34 = 0,1271
Demikian juga untuk log 1,97 = 0,2945

Untuk mengunduh file pdf-nya bisa gunakan link berikut  tabel logaritma