Sebuah desain dibuat untuk mengangkat segi visual. Begitu juga dengan material, diracik dengan tetap memperhatikan kekuatan, durability, tekanan ataupun benturan. Tapi…sejauh yang kita perhatikan, gesekan tidak masuk dalam klasifikasi yang diperhatikan oleh pabrikan. Dan inilah yang saat ini sedang kita bicarakan….

Desain new Jupiter MX mengadopsi gurat tajam modern yang serba meruncing. Lekuk-lekuk tubuh mulai dari depan hingga belakang terkesan modern look dan enak dipandang mata. Tapi…dari seluruh bagian tersebut, ternyata ada satu area yang sangat rentan terkena gesekan sehingga membuatnya mengelupas serta lumayan mengganggu pemilik yang menginginkan tunggangan dalam kondisi perfect yakni pada bagian stop lamp atau lampu belakang…..

Jika diperhatikan, bentuk mika agak cembung melengkung keatas. Shape sangat mudah tergores serta terjamah obyek lain ketika parkir. Jadi kita kudu hati-hati menempatkan tunggangan pada posisi yang aman. Kalau tidak….dijamin bakal ada spot putih dibagian ujung yang disebutkan. Untuk pabrikan, semoga pada bagian tersebut material lebih diperkuat ataupun diberi protector khusus…semacam vinyl tipis misalnya??

Sedang buat para penunggang new Jupiter MX….kita bisa melakukan tindakan preventif sebelum itu terjadi.  Yakni dengan cara ditutup scotlite bening agar stop lamp terlindungi. Mencegah lebih baik ketimbang udah kadung terjadi…ya nggak bro. Semoga berguna….

Nb : Analisa mengarah akibat adanya gesekan antara mika dalam yang berwarna merah dan mika bening lapisan luar. Seiring usia dan vibrasi terus menerus mengakibatkan stres serta tergerusnya sisi dalam mika bening yang ujung-ujungnya membentuk spot atau noda. Bisa diakali dengan memasang scotlite pada permukaan yang bersentuhan.