Bumi berbentuk bulat seperti bola, namun rata di kutub-kutubnya. jari-jari Khatulistiwa = 6.378 km, jari-jari kutub=6.356 km. Lebih dari 70 % permukaan bumi diliputi oleh lautan.

STRUKTUR DALAM BUMI
Bumi memiliki struktur dalam yang hampir sama dengan telur. Kuning telurnya adalah inti, putih telurnya adalah selubung, dan cangkang telurnya adalah kerak.Tebal kulit bumi tidak merata, kulit bumi di bagian benua atau daratan lebih tebal dari di bawah samudra.
Berdasarkan penyusunnya lapisan bumi terbagi atas barisfer, lapisan antara, litosfer, astenosfer, dan mesosfer. 
<> Barisfer ialah lapisan inti bumi yang berupakan bahan padat yang tersusun dari nife(nikel dan besi) 
<> lapisan antara adalah lapisan yang terdapat diatas nife(nikel) tebalnya 1700 km . juga disebut asthenofer /mautel Astenosfer hampir berada dalam titik leburnya dan karena itubersifat seperti fluida. Astenosfer mengalir akibat tekanan yang terjadi sepanjang waktu.
<> Litosfer adalah lapisan paling luar bumi (tebal kira-kira 100 km) dan terdiri dari kerak bumi dan bagian atas selubung. Litosfer memiliki kemampuan menahan beban permukaan yang luas misalkan gunungapi. Litosfer bersuhu dingin dan kaku.
<> mesosfer. Mesosfer lebih kaku dibandingkan astenosfer namun lebih kental dibandingkan litosfer. Mesosfer terdiri dari sebagian besar selubung hingga inti bumi.
lithosfer juga tersusun 2 lapisan utama yaitu :
1. lapisan siAL yaitu lapisan yang tersusun atas logam silisium dan alumunium, senyawanya dalam bentuk SiO2 dan AL 2 O3. didalam lapisan ini terdapat batuan antara lain batuan sedimen, granit, andesit, dan metamorf. Lapisan sial dinamakan juga lapisan kerak bersifat padat dan batu bertebaran rata-rata 35km.
2. lapisan siMa (silisium magnesium) yaitu lapisan tersusun oleh logam logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa Si O2 dan Mg O lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt. Lapisan merupakan bahan yang bersipat elastis dan mepunyai ketebalan rata rata 65 km .

1. Batuan pembentuk lithosfer

a. Batuan beku

b. Batuan sedimen

c. Batuan metamorf







<>Semua batuan pada mulanya dari magma
Magma keluar di permukaan bumi antara lain melalui puncak gunung berapi. Gunung berapi ada di daratan ada pula yang di lautan. magma yang sudah mencapai permukaan bumi akan membeku. magma yang membeku kemudian menjadi batuan beku. Batuan beku muka bumi selama beribu-ribu tahun lamanya dapat hancur terurai selama terkena panas, hujan, serta aktifitas tumbuhan dan hewan.
Selanjutnya hancuran batuan tersebut tersangkut oleh air, angin atau hewan ke tempat lain untuk diendapkan. Hancuran batuan yang diendapkan disebut batuan endapan atau batuan sedimen. Baik batuan sedimen atau beku dapat berubah bentuk dalam waktu yang sangat lama karena adanya perubahan temperatur dan tekanan. Batuan yang berubah bentuk disebut batuan malihan atau batuan metamorf.
Untuk lebih memahami jenis-jenis batuan perhatikan uraian berikut: 
A. batuan beku 
terbentuk karena magma yang membeku . ciri ciri batuan beku itu bersifat homogen dan kompak , tidak ada pelapisan, dan tidak mengandung fosil.
batuan beku dapat ditemukan / terbentuk ditempat :
1. jauh dibawah permukaan bumi dekat dengan astenosfer, di daerah celah kerak bumi, dan dipermukaan bumi. 
Ada 2 macam batuan beku, yaitu batuan beku dalam contohnya batu granit

dan batuan beku luar contohnya batu andesit.


B.  Batuan sedimen
Ada beberapa macam batuan sedimen, yaitu batuan sedimen klastik, sedimen kimiawi dan sedimen organic. Sedimen klastik berupa campuran hancuran batuan beku, contohnya breksi dan konglomerat

dan batu pasir. <>Sedimen kimiawi berupa endapan dari suatu pelarutan, contohnya batu kapur

dan batu giok. Sedimen organic berupa endapan sisa sisa hewan dan tumbuhan laut contohnya batu gamping

dan koral

C. Batuan Malihan (Batuan Metamorf)
Batuan malihan atau metamorf adalah batuan yang berubah bentuk sehingga berbeda dengan induknya / awalnya . 
Contohnya kapur (kalsit) berubah menjadi marmer

, atau batuan kuarsa menjadi kuarsit